Makanan Anti Jerawat

Meski tidak ada makanan super untuk mencegah timbulnya jerawat, namun menurut penelitian di bidang diet dan kulit, terungkap pola makan yang kaya buah dan sayuran sangat baik untuk kulit. Makanan sehat ini akan mengurangi inflamasi dan komedo.
Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dianjurkan:

1. Vitamin A
Vitamin A membantu mengatur siklus regenerasi kulit sehingga tidak ada lagi protein dan minyak penyebab jerawat yang tersumbat. "Vitamin A adalah kandungan utama obat-obatan jerawat," kata Marmur. Sumber terbaik vitamin A adalah minyak ikan, salmon, wortel, bayam, dan brokoli. Meski begitu jangan berlebihan mengonsumsi vitamin A karena bisa bersifat toksik.

2. Zinc
Penelitian menunjukkan orang yang berjerawat pada umumnya memiliki kadar zinc (seng) yang rendah. Zinc diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang tidak nyaman untuk pertumbuhan P.acnes. Selain itu mineral ini berguna untuk meredakan kulit yang iritasi. Zinck ditemukan pada almonds, kacang-kacangan, atau daging.

3. Vitamin E dan C
Antioksidan dalam vitamin E dan C memiliki efek menenangkan pada kulit. Vitamin C bisa ditemukan pada jeruk, pepaya, tomat, atau kiwi. Sementara vitamin E didapat dari kacang, minyak zaitun, brokoli, alpukat, dan sayuran hijau.

4. Selenium
Mineral selenium mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas.
Penelitian juga menyebutkan, bersama vitamin E selenium akan mempercepat penyembuhan jerawat. Sumber selenium antara lain daging salmon, tuna, kacang, telur, dan beras merah.

5. Omega 3
Asam lemak omega-3 mencegah molekul yang bisa menyebabkan inflamasi yang memicu gangguan kulit. Sumber omega-3 terbaik adalah ikan laut dalam, minyak flaxseed, dan kacang-kacangan.

6. Air
Air akan membantu menghidrasi tubuh dan melembabkan kulit. Konsumsi air yang cukup juga menghilangkan toksin yang memicu masalah kulit.

sumber :Tribunnews.com

Setelah membaca postingan di atas, agak sempet heran juga sihhh, cz bnyak orang yg bilang kalo makan kacang dan telur (makanan yang mengandung telur) serta seafood itu adalah penyebab jerawat. Tapi ya emang bener juga "apa yang kita fikirkan, hal itu mungkin saja terjadi suatu saat nanti", so, gak masalah donk buat orang2 yang wajahnya sensitif alias gampang banget muncul tuh jerawat mulai sekarang positif thinking aja dengan makanan2 tersebut.

Cuci muka ya udah, malah rutinitas tiap malem yang gak boleh dilewatkan karena kulit wajah yang memiliki kadar minyak lebih tinggi (hehehe... bahasanya udah kyk siapa aja :p), trus juga ya, ke dokter kulit juga udah, mmm...makan sayuran ya udah, makan buah2an jarang siiii :D, minum air putih juga sering, emangnya mau minum apa lagi, air itu kan sumber kehidupan, iya apa iya? (^o^). Tapi ya namanya manusia punya otak untuk berfikir, nah ini dia kalo mikirnya terlalu mendalam bisa mengakibatnya stress (masih tingkat rendah kok :p) itu yang memicu timbulnya jerawat, udah gitu kalo cewe biasanya setiap mau datang "Dewi Malam" ada lha ya beberpa orang yg langsung deh tuh "dateng gak dijemput, pulang gak di anter" yang ini bukan jelangkung tapi jerawat lhooo... :D

so, + thinking untuk menghindari jerawat yang akan berdemo di wajah and enjoy your life.
Jangan lupa juga untuk sering2 tertawa (karena alasan) coz bisa bikin awet muda (heuleuuhhh gak nyambung tipsnya, hehehe)

:)


0 komentar:

Posting Komentar