11 cara ngatasin nervous

Sering banget kita ngerasain gugup atau tegang waktu mau melakukan sesuatu. Padahal sebenernya enggak ada yang perlu kita khawatirkan, jadi kenapa bisa begitu yah ???

*****
Mau nembak gebetan tiba-tiba kepingin buang air kecil or waktu dipanggil Guru badan langsung banjir keringet dingin. Sebenernya hal itu enggak perlu terjadi kalau kita yakin sama diri sendiri. Tapi enggak bisa dipungkiri kalau perasaan gugup suka datang tiba-tiba di luar kesadaran kita. Kalau kamu termasuk type orang yang gampang nervous, coba kamu simak langkah mengatasi gugup atau nervous ini.

1. Enjoy aja dulu
    Enggak usah mikirin yamg macem2, jadi kamu enggak dibebanin sama sesuatu yang belum pasti terjadi. kadang kita terlalu banyak berkhayal tentang kemungkinan yang bakal terjadi saat action nanti, dan hal ini jadi perhatian besar sehingga waktu untuk memaksimalkan kemampuan kita jadi tersita.

2. Gak usah takut salah
    Jangan pernah ngerasa kita ini manusia yang paling sempurna dan enggak boleh melakukan kesalahan. Setiap manusia pasti punya kesalahan, apalagi buat remaja kayak kita, yang penting bagaimana kita meminimalisir kesalahan.

3. Fokus sama yang bakal kamu kerjakan
    Konsentrasikan perhatian kamu pada apa yang bakal kamu kerjakan, jangan melebarkan ke hal2 yang lain. Kan enggak lucu kalau kamu mau ngomongin tenang masalah A tapi yang banyak dibahas malah masalah B, or mau ngerjain A tapi yang banyak dipersiapkan malah b. Dan kalau sudah melebar begitu, kamu bakal bingung sendiri untuk mengembalikan ke masalah yang sedang dibahas atau yang bakal dikerjakan.

4. Pahami hal yang bakal kamu kerjakan
    Ini penting banget buat kamu, banyak orang yang mentalnya udah oke tapi enggak ngerti apa yang mau dikerjakan atau yang mau dibicarakan.

5. Konsultasikan penampilan kamu dengan kawan
    Kalo enggak mau salah tingkah gara2 salah kostum, lebih baik kamu konsultasikan dulu dengan teman kamu yang emang jago banget dalam urusan display diri. Kadang kita suka enggak tepat dalam berpenampilan, pasti pernah liat orang melayat pake baju warna ngejreng, padahal hitam kayaknya lebih cocok yah.

6. Berlatih sebanyak-banyaknya
    Biat pas action gak canggung lagi, kamu kudu banyak latihan, mau nembak gebetan, mau presentasi tugas or mau naik panggung semua sama aja. Kalo kamu enggak banyak berlatih bisa dijamin kamu panik dan keluar keringet dingin, coz kau belum biasa dan enggak lancar dalam beraksi.

7. Lihat gaya teman untuk jadi inspirasi
    Enggak usah malu dibilang nyontek or niru, kalo emang hal itu baik, kenapa enggak dikutin. Banyak lho orang yang punya gaya sendiri dalam beraksi dan ternyata oke juga kalo kita tiru, sebab kondisinya mirip dengan yang bakal kita kerjakan.

8. Yakinkan diri kamu sendiri
    Ini jangan sampai enggak kamu lakukan, mana mungkin orang bisa yakin dengan diri kita kalo kitanya enggak yakin dengan diri sendiri. Kayaknya enggak ada alasan untuk enggak percaya dengan kemampuan sendiri deh. Kalaupun emang belum banyak yang kita uasai bukan berarti kita jadi kalah atau pasti gagal. Masih ada waktu untuk menambah kemampuan dan pengetahuan kita supaya menjadi lebih baik.

9. Maksimalkan kelebihan kamu
    Bohong kalau kamu enggak punya kelebihan, karena setiap orang pasti punya kelebihan masing2. Namanya juga kelebihan, pastinya harus ditonjolkan dengan maksimal dong. itu kan nilai lebih kamu yang bisa dijadikan sebagai daya tarik kamu.

10. Catat semua kesuksesan kamu sebelumnya
      Langkah ini bisa jadi bahan instropeksi dan menambah kepercayaan diri loh. Dari catatan itu kamu bisa melihat prestasi apa saja yang sudah kamu dapetin kemarin2, dan kesalahan apa saja yang hampir mengancam kesuksesan kamu. Kalau sudah begitu tinggal ditiru aja langkah suksesnya dan perbaiki kesalahan, iya kan ???

11. Jangan takut dengan saingan
      Ngapain juga harus takut dengan saingan, mereka juga ngalamin hal yang sama dengan kita kok. Cuma mungkin mereka lebih pintar dalam bersandiwara dan menutupi kekurangan mereka. Jadi percuma aja kita takut sama mereka, jangan2 malah sebenernya mereka yang takut sama kita, hehehe :p

Nah...udah tau kan gimana caranya ngatasi NERVOUS
so, gak usah takut lagi untuk melakukan sesuatu yang lebih baik ya !

Viel Erfolg !!!




0 komentar:

Posting Komentar